Rooney Kartu Merah, tapi Inggris Lolos Kualifikasi

AFP/Hrvoje Polan

PODGORICA - Wayne Rooney diusir keluar lapangan, namun Inggris tetap lolos kualifikasi Euro 2012, setelah Montenegro hanya mampu memaksa hasil imbang 2-2, Jumat.

Sebuah gol penyeimbang dicetak pemain pengganti Andrija Delibasic, membuat tuan rumah mendapat satu poin, setelah Inggris memimpin dengan dua gol dari Ashley Young dan Darren Bent.



Serangan Montenegro tidak cukup untuk mencegah pasukan Fabio Capello mendapatkan satu poin minimal untuk lolos ke putaran final tahun depan di Polandia dan Ukraina.

Inggris nyaris mengalami malapetaka, menyusul tindakan bodoh Wayne Rooney pada menit ke-73. Striker Manchester United itu diusir keluar lapangan usai melakukan tindakan yang tidak perlu, menendang bek Montenegro, Miodrag Dzudovic.

Pengusiran Rooney belum genap seminggu menyusul penangkapan ayah dan pamannya pada hari Kamis sehubungan dengan tuduhan melakukan penipuan dalam taruhan sepakbola.

Hasil imbang tersebut tetap disambut meriah penggemar Montenegro, yang berpesta setelah peluit akhir dibunyikan, karena mereka mendapat satu tempat di babak play-off.

Inggris yang mengendalikan penuh permainan memimpin lebih dulu pada menit ke-11. Sebuah bola crossing dari Theo Walcott, di sayap kanan, disambut Young dengan tandukan kepala yang menjebol gawang tuan rumah.

Young giliran menjadi kreator lahirnya gol kedua bagi The Three Lions pada menit ke-31. Pemain Manchester United itu sebenarnya mempunyai kesempatan untuk menembak sendiri, namun dia memberikan assist kepada Bent yang tanpa ampun membuat gawang Montenegro bobol untuk kedua kalinya.

Tuan rumah mampu memperkecil ketinggalan beberapa saat sebelum babak pertama berakhir. Tendangan keras Elsad Zverotic dari dalam kotak penalti, tak mampu dibendung kiper Ingris, Joe Hart, setelah bola sebelumnya sempat membentur Gary Cahill.

Gol balasan ini membuat Montenegro makin berani menyerang. Memasuki babak kedua, lini pertahanan Inggris dibuat kerepotan menghadapi gempuran tuan rumah.

Dalam kondisi tertekan, Rooney justru melakukan tindakan bodoh pada menit ke-73, dengan menendang bek Montenegro, Miodrag Dzudovic. Wasit pun langsung mengusir dia ke luar lapangan.

Unggul jumlah pemain, membuat Montenegro makin leluasa melakukan penyerangan. Namun merfeka baru bisa menyamakan kedudukan pada saat pertandingan memasuki injury time. Sebuah umpan silang yang dilepaskan Milorad Pekovic, disambut dengan tandukan kepala oleh Andrija Delibasic dan kembali bola bersarang di gawang Hart. Sampai pertandingan berakhir, skor tetap 2-2. (AFP)

sumber : yahoo.co.id
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger