JAKARTA - Ulah suporter Malaysia saat pertandingan final Piala AFF hari Minggu lalu, memancing reaksi Tarakardha. Menurut magician yang dekat dengan permainan laser ini, sikap suporter Malaysia itu bisa mengakibatkan kebutaan.
"Dari namanya saja, laser itu membuat radiasi bahaya. Laser yang kemarin dibawa suporter Malaysia itu sepertinya yang sekitar 100 watt dan itu memang dijual untuk umum. Jadi itu memang mengganggu konsentrasi. Bahkan kalau kena mata tiga detik bisa berakibat kebutaan," bebernya saat ditemui di Plasa FX, Senayan, Jakarta, Selasa (28/12/2010) malam.

Namun, menurut pesulap yang pernah tergabung dalam tim Deddy Corbuzier ini, kondisi pemain timnas yang selalu bergerak di lapangan membuat kecil kemungkinan tersorot lebih dari tiga detik. Apalagi, laser disorot dari jarak yang cukup jauh.
"Tapi kalau untuk pemain sepakbola itukan selalu bergerak dan susah untuk diam di satu titik. Apalagi laser diarahkan dari jarak yang jauh. Jadi kalau semakin jauh, spotnya akan semakin melebar, dan kadar silaunya akan berkurang," jelasnya.
Pesulap bernama asli Nyoman Swantara Kardha ini berharap suporter Indonesia tidak meniru sikap jelek suporter Malaysia. Dengan bersikap sportif, pesulap Asia pertama yang memiliki spesialisasi 'Laser Illusionist' ini yakin tim nasional Indonesia bisa meraih kemenangan atas Malaysia di laga kedua hari Rabu ini.
"Karena sikap itu membahayakan orang lain, saya berharap suporter Indonesia tidak menirunya. Karena akan berdampak kepada masa depan tim Indonesia juga. Kalau kita berjiwa besar dan bersikap sportif, saya yakin Indonesia bisa juara," yakinnya.

Sumber : http://entertainment.id.msn.com/selebritas/article.aspx?cp-documentid=4547944